Menghilangkan Bau Anyir pada Ayam



Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang. Salah satu alasan ayam banyak diminati adalah selain karena pengolahannya yang mudah, cara menyajikannya pun beraneka ragam. Bisa digoreng tepung, dibakar, dibuat menjadi opor atau makanan khas daerah di Indonesia lainnya.

Namun terkadang bau anyir pada ayam sering menjadi kendala dalam pengolahan dan penyajian. Mungkin di antara Clovers ada yang tidak menyukai hidangan dengan bahan utama ayam karena bau anyir masih tercium.

Jangan khawatir, kali ini Resep Kita coba bantu untuk mengatasinya.

Yang pertama adalah dengan menggunakan cuka. Setelah ayam dicuci bersih, usapi daging ayam dengan cuka; cukup setengah sendok teh cuka untuk satu ekor ayam karena bila terlalu banyak maka daging dapat hancur juga cita rasa daging akan kalah dengan cuka. Lalu bilaslah daging ayam dengan air dingin atau hangat, kemudian keringkan dengan lap bersih sampai benar – benar tidak ada air pada dagingnya. Dengan menggunakan cuka, bau amis dan lendir pada ayam juga dapat hilang.

Cara yang kedua adalah dengan mengeringkan daging ayam dengan lap bersih. Proses ini biasanya hanya dilakukan pada saat akan mengolah daging ayam negeri yang memiliki bau anyir lebih kuat dibanding ayam kampung karena lemak yang dimilikinya.

Kemudian ada juga yang menghilangkan bau anyir tersebut dengan cara menaburi potongan ayam yang akan diolah dengan tepung terigu. Pastikan semua bagian tertutup rata, lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, silakan bilas sampai bersih dan keringkan dengan tissue dapur. Bau anyir pun akan sangat berkurang.

Namun, cara yang paling popular untuk menghilangkan bau anyir pada ayam adalah memberikan garam dan air perasan jeruk nipis pada potongan ayam yang telah dicuci bersih. Silakan gunakan cara yang paling praktis menurut Clovers, tetapi selama bahan baku masih segar maka tidak akan ada aroma amis atau anyir yang timbul.

Selamat memasak,


Resep Kita
Menghilangkan Bau Anyir pada Ayam #EANF#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Ringkasan Novel Karangan Wildan Yatim berjudul Pergolakan