Ragam Manfaat Minyak Zaitun dalam Hidangan



Penggunaan Minyak Zaitun atau Olive Oil dalam suatu hidangan merupakan salah satu cara untuk menambah kelezatan selain menyehatkan. Dalam pembuatan hidangan, minyak zaitun seringkali dipakai sebagai finishing, sebuah sentuhan akhir yang akan mempercantik hidangan. Namun penggunaannya akhir – akhir ini juga mendapat banyak tentangan karena informasi yang simpang siur.

Kali ini Resep Kita akan mencoba membahas manfaat penggunaan Minyak Zaitun dalam suatu hidangan sehingga Clovers tidak ragu untuk menggunakannya.

Banyak rumor yang mengatakan bahwa minyak zaitun tidak mengandung nutrisi apapun bahkan cenderung mengakibatkan kolesterol. Namun fakta yang sebenarnya adalah: minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Jenis kedua lemak ini baik untuk tubuh, terutama untuk jantung karena dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Asam lemak tak jenuh tunggal yang dikandung oleh minyak zaitun juga dapat mencegah pikun, loh Clovers. Hal ini karena asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menjaga struktur sel dan membrane dalam otak sehingga dapat membantu mencegah hilangnya ingatan.

Mengenai nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam minyak zaitun, sungguh tak perlu diragukan lagi. Vitamin A, E, B1, B2, C, D dan zat besi banyak terkandung di dalam minyak ini. Seperti yang Clovers juga pasti sudah ketahui, vitamin E dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah keriput.

Bahkan minyak zaitun extra virgin mengandung fenol dan asam oleat. Fenol yang berfungsi sebagai antioksidan dapat menghambat proses kanker dan asam oleat dapat mencegah penyebaran tumor. Namun perlu dicatat bahwa minyak zaitun extra virgin sebaiknya tidak digunakan untuk memasak, Clovers. Minyak zaitun jenis ini paling baik digunakan untuk salad dressing.

Manfaat lain dari minyak zaitun adalah untuk mencegah osteoporosis, karena minyak zaitun dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Ternyata minyak zaitun mengandung banyak manfaat ya Clovers! Apakah Clovers sudah siap untuk mulai menggunakan minyak zaitun dalam hidangan? Selain manfaat di atas, perlu diingat oleh Clovers bahwa semua minyak zaitun juga mengandung 120 kalori dalam setiap porsi ukuran satu sendok. Jadi perlu digunakan dengan bijak juga untuk hasil yang maksimal.

Salam sehat selalu,
Resep Kita
Ragam Manfaat Minyak Zaitun dalam Hidangan #EANF#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Gambar Cartun Animasi