Rahasia Pisang & Kentang Goreng Renyah



Hai Clovers! Pisang goreng dan kentang goreng memang salah satu kudapan favorit, tetapi kadang proses membuatnya gampang-gampang susah. Tidak jarang hasilnya mengecewakan, tidak renyah, atau lembek. Tahukah Clovers ternyata membuat pisang dan kentang goreng punya trik rahasia agar hasil gorengan renyah dan matangnya pas. Apa saja tips dan trik membuat kentang dan pisang goreng yang renyah?


Kentang Goreng Renyah

Kentang goreng memang paling pas jadi kudapan di saat santai atau pelengkap makan besar. Menggoreng kentang membutuhkan trik rahasia supaya hasilnya renyah dan tidak lembek.

Perhatikan saat memilih kentang yang akan digoreng, sebenarnya kentang apa saja bisa dijadikan kentang goreng tapi kentang mentega lebih cocok karena rasanya lebih enak dan bentuknya lebih besar. Salah satu sebab kentang lembek dan tidak renyah setelah digoreng adalah sisa-sisa getah pada potongan kentang yang tidak dicuci hingga bersih. Jadi setelah kentang dipotong-potong cuci kentang dengan air mengalir lalu rendam kentang dengan air es selama 30 menit, air rendaman bisa diberi campuran garam atau bumbu penyedap jika air sudah terasa tidak dingin tambahkan es batu. Tiriskan, dan beri taburan tepung maizena tipis saja pada potongan-potongan kentang. Goreng kentang dalam minyak yang panas dan banyak, hingga potongan kentang terendam semua. Dan selamat menikmati kentang goreng renyah di rumah.


Pisang Goreng Kremes

Selain kentang goreng, pisang goreng adalah salah satu kudapan yang disukai banyak orang. Resepkita akan berbagi tips rahasia membuat pisang goreng yang tidak biasa, pisang goreng yang renyah dengan tambahan kremes.

Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah pemilihan jenis pisang. Pisang tanduk Sukabumi adalah pisang yang memiliki rasa manis dan cocok untuk digoreng, pilih pisang bertekstur daging kenyal saat ditekan, kulit pisang kuning dan serat buah tidak hitam. Campuran tepung juga mempengaruhi kerenyahan pisang goreng. Gunakan campuran tepung beras dan tepung terigu, dengan perbandingan misal 1 kg tepung beras dicampur 1/2 kg tepung terigu, larutkan dalam 1,5 liter air yang sudah ditambahkan 1 sendok teh kapur sirih. Kapur sirih akan membuat pisang goreng lebih renyah. Jangan tambahkan telur dalam adonan karena akan menyerap minyak lebih banyak saat digoreng dan pisang jadi cepat lembek. Goreng dalam minyak yang benar-benar panas. Kecilkan api saat kremesan mulai mengembang, agar pisang dan kremesan tidak cepat kering. Angkat setelah matang dan sajikan pisang goreng renyah bersama teh atau kopi.


Nah, Clovers… setelah mengetahui trik rahasianya siapa yang mau coba membuat kentang dan pisang goreng renyah di rumah?


Semoga bermanfaat,
Resepkita
Rahasia Pisang & Kentang Goreng Renyah #EANF#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Gambar Cartun Animasi