Waspada Penyakit Pada Saat & Pasca Banjir



Memasuki musim hujan, memang menyenangkan bagi beberapa orang salah satunya udara jadi lebih sejuk dan tanaman-tanaman tumbuh subur. Namun kita juga harus bersiap dengan ancaman banjir terutama untuk masyarakat di daerah ibu kota. Ada beberapa penyakit yang sangat rawan terjadi saat musim hujan, terutama pasca banjir. Hal ini dapat diatasi bila Clovers sudah mengetahui cara mengantisipasinya.

Berikut ini adalah beberapa penyakit saat dan pasca banjir dan langkah antisipasinya:

1. Penyakit saluran cerna (diare, tifoid, muntah)
Penyakit yang berhubungan dengan saluan cerna faktor penyebabnya biasanya berupa infeksi bakteri yang terjadi salah satunya karena faktor kebersihan pasca banjir. Bagaimana cara mengantisipasinya ? Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih, ketika menyiapkan makanan dan saat makan. Rebuslah sampai mendidih air dari sumber yang bersih untuk minum. Bila tidak yakin akan kebersihan sumber air saat banjir, maka dapat mengkonsumsi air dalam kemasan.

2. Demam berdarah
Clovers harus waspada karena perkembangbiakan nyamuk aedes aegepty meningkat saat musim hujan. Untuk pencegahan lakukan gerakan 3M: mengubur kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup penyimpanan air dengan rapat. Waspadai jika ada anggota keluarga yang terserang demam. Perhatikan siklus dan gejalanya, terutama bila panas tinggi tanpa sebab dan disertai dengan pendarahan segeralah hubungi tim medis terdekat.

3. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)
Berkumpulnya orang banyak dalam satu tempat penampungan dengan luas yang terbatas sangat mempengaruhi penularan ISPA. Perhatikan gejala utama dari penyakit ini, dapat berupa batuk dan demam bahkan bila sudah berat dapat disertai sesak napas, nyeri dada dan lain – lain. Langkah antisipasi dengan mengonsumsi makanan sehat, vitamin dan suplemen makanan bila diperlukan terutama di musim hujan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Penyakit kulit
Bagi Clovers yang memiliki riwayat alergi tertentu yang biasanya terjadi saat banjir, sebaiknya selalu siap dengan obat – obatan untuk menanganinya. Bila terkena infeksi kulit, segeralah hubungi tim medis terdekat.

Clovers, ada baiknya sebelum musim hujan datang kita cegah terjadinya banjir dengan membiasakan diri hidup dalam lingkungan yang bersih dan membiasakan menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah terjangkit penyakit yang rentan terjadi di musim hujan.

Salam sehat selalu,
Resep Kita
Waspada Penyakit Pada Saat & Pasca Banjir #EANF#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar Cartun Animasi

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain