Contoh RPP Siklus 1 pada mata kuliah PKP di UT



RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran       : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Konsep Bahasan     : Rangka dan Panca Indera Manusia
Kelas / Semester     : IV/ I
Alokasi Waktu        : 1 x 35 menit

A.     Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B.     Kompetensi Dasar
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.
C.     Karakter siswa yang diharapkan :         
Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)
D.    Indikator
-          Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
-          Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
E.     Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.
-          Siswa dapat Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
-          Siswa dapat Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka





F.      Langkah Pembelajaran
  1. Pendahuluan (5 menit)
Apersepsi  dan Motivasi :
Mengulang materi pertemuan sebelumnya dan melakukan Tanya jawab.

  1. Kegiatan Inti ( 20 menit)
Ø  Eksplorasi
@ Mendeskripsikan tulang dan rangka manusia.
@ Menyebutkan sikap tubuh yang benar.
Ø  Elaborasi
@ Menyebutkan beberapa kerangka tulang pada manusia.
@ Menyebutkan cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.
Ø  Konfirmasi
@ Siswa dang guru melakukan Tanya jawab.
@ Siswa dan guru bersama sama menyimpulkan materi yang sudah di ajarkan.
  1.  Kegiatan Akhir (10 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
@ Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.


  1. Pekerjaan Rumah
@ Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor





G.    Sarana dan Sumber Belajar
1.      Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
H.    Evaluasi
1.      Awal         : Tanya Jawab
2.      Proses      :  Mengamati keaktifan siswa selama proses pembelajaran dalam melakukan percobaan.
3.      Akhir        : Isian
CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





Supervisor 2



Nur Komarudin M.MPD

Banjarsari,    September 2012
Guru Kelas 4



Gilang Biantara
NIM.817576275









Contoh Soal dan Jawaban.

1. Kerangka manusia tersusun dari ?, jawab : berbagai jenis tulang
2. Tulang lengan dan tulang paha berupa ?, jawab : tulang pipa
3. Tulang-tulang pegelangan tangan dan kaki berupa ?, jawab : tulang pendek
4. Tulang belikat dan tulang dada berupa ?, jawab : tulang pipih
5. Tulang kerang kepada juga disebut ?, jawab : tengkorak
6. Tulang rangka dan tulang pipi merupakan bagian dari ?, jawab : kerangka tengkorak bagian muka
7. Tulang ubun-ubun merupakan bagian dari ?, jawab : kerangka tengkorak
8. Tulang belakang dan tulang rusuk merupakan bagian dari ?, jawab : kerangka badan
9. Tulang belakang berjumlah ?, jawab : 33 ruas
10. Tulang dada terdiri dari tiga bagian yaitu ?, jawab : a.bagian hulu, b.bagian badan, c.bagian taji pedang

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Ringkasan Novel Karangan Wildan Yatim berjudul Pergolakan