Khasiat Rempah-Rempah Untuk Kesehatan

Posted by galih pamungkas Minggu, 20 Januari 2013 0 komentar



Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang amat kaya akan jenis rempah-rempah. Menjadi salah satu ciri khas yang tidak bisa dipisahkan dari cita rasa masakan khas Nusantara. Ternyata rempah-rempah yang biasanya disimpan di dapur untuk bahan pelengkap masakan juga memiliki beraneka khasiat pada masing-masing jenisnya. Apa saja jenis rempah yang berfungsi dalam dunia kesehatan? Yuk, simak artikel berikut.

Lada Hitam
Lada hitam dapat meningkatkan produksi zat asam klorida, berfungsi mengatasi gangguan pencernaan dan perut kembung. Juga terdapat kandungan zat besi yang berguna untuk tubuh.
Clovers yang menderita darah tinggi dan harus membatasi asupan sodium (dari garam), sebagai pengganti peran garam dalam penyedap masakan dapat menggantinya dengan lada hitam. Lada hitam dapat berfungsi untuk mengurangi tekanan darah. Karena banyaknya manfaat lada hitam tak perlu ragu lagi menambahkan lada hitam pada masakan.

Kayu Manis
Komponen antimikroba pada kayu manis berfungsi membersihkan tubuh dari racun, mengatasi sakit gigi, gejala flu, menyehatkan pencernaan, diare, mengontrol gula darah, dan rasa tegang pada masa menstruasi. Kayu manis aman dikonsumsi penderita diabetes, bahkan untuk penderita diabetes yang mengalami gejala resistensi insulin kayu manis dapat membantu mengurangi gejala tersebut.
Kayu manis sebagai pereda sakit gigi, campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu, oleskan pada bagian gigi yang sakit.
Untuk mengurangi kadar kolestrol dalam darah caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan madu, 3 sendok teh bubuk kayu manis dan 16 ons air teh, minumlah ramuan tersebut.

Cengkeh
Sifat anti radang pada cengkeh dapat meredakan gejala sakit gigi. Caranya gunakan minyak cengkeh pada gigi yang berlubang atau gusi yang sakit.
Zat anestetik pada cengkeh berfungsi mengatasi muntah dan rasa sakit pada area perut, mengatur aliran asam lambung dan mengobati iritasi lambung, campurkan madu dengan bubuk cengkeh yang sudah digoreng, dengan mengonsumsi ini akan mengurangi rasa mual dan muntah.
Batuk dapat diredakan dengan mengunyah bubuk cengkeh yang sudah digoreng. Sedangkan mengunyah campuran cengkeh dengan garam dapat meredakan iritasi pada tenggorokan.

Jahe
Jahe adalah salah satu rempah dengan banyak manfaat untuk kesehatan. karena kandungan antioksidan pada jahe dapat mencegah mual akibat perjalanan, meredakan masuk angin, menetralkan radikal bebas. Cara menggunakannya dengan dibuat wedang ronde, menambahkan jahe pada masakan misalnya soto, ataupun dengan mengonsumsi permen jahe.
Untuk mengobati reumatik caranya dengan panaskan 1-2 rimpang jahe di atas api atau bara, tumbuk dan tempel tumbukan jahe pada tubuh yang terasa sakit. atau dengan menumbuk jahe bersama cengkeh lalu tempelkan di bagian tubuh yang sakit.
Jahe untuk meredakan sakit kepala, demam dan migrain, caranya tumbuk dan perciki sedikit air gunakan sebagai obat kompres kepala.

Ternyata obat-obat beberapa penyakit dari mulai batuk, iritasi lambung hingga diabetes dapat diatasi dengan rempah-rempah yang biasa ada di dapur. Setelah mengetahui fungsi lain dari rempah-rempah selain sebagai bumbu dapur, semoga bisa lebih memanfaatkannya dalam menjaga kesehatan sehari-hari ya Clovers.

Semoga Bermanfaat...
ResepKita


Khasiat Rempah-Rempah Untuk Kesehatan

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Khasiat Rempah-Rempah Untuk Kesehatan
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/khasiat-rempah-rempah-untuk-kesehatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk