Menyimpan Bahan Hidangan dengan Baik

Posted by galih pamungkas Senin, 28 Januari 2013 0 komentar



1. Kulkas memiliki 2 kompartemen yang berbeda fungsi: refrigerator dan freezer dengan termperatur masing-masing maksimal 4°C dan -4°C.

2. Pada dasarnya, makanan atau bahan hidangan yang disimpan dalam kulkas akan tetap mengalami pembusukan jika disimpan melewati masa simpan yang sudah ditentukan. Kulkas berfungsi memperlambat proses pembusukan ini, bukan menghilangkan. Jadi pastikan aliran listrik yang stabil dan pemeliharaan yang baik agar lemari pendingin tetap menjalankan tugas dengan prima.

3. Selalu simpan bahan yang sudah dibersihkan. Jangan lupa gunakan wadah plastik tertutup untuk daging, ikan, buah dan produk berbahan susu (mentega, yogurt, susu segar & keju)

4. Jangan pernah menggunakan wadah yang terbuat dari metal untuk jangka waktu lama. Jenis metal yang aman, jika terpaksa menggunakannya, adalah stainless steel dan tetap harus ditutup rapat guna menghindari reaksi yang tidak diinginkan dari kontak makanan dan metal.

5. Jangan menyimpan makanan yang baru matang dan masih panas langsung ke dalam kulkas. Selain mempercepat makanan basi karena pendinginan yang tidak merata, hal ini juga merusak kulkas itu sendiri.

6. Untuk buah dan sayuran, gunakan kantong plastik berlubang untuk ventilasi agar tetap bertahan lama. Kantong plastik yang tertutup rapat menyebabkan buah dan sayuran cepat membusuk karena tidak ada udara mengalir.

7. Jika menggunakan freezer untuk menyimpan hidangan dan bahan makanan secara bersamaan, tempatkan hidangan matang selalu di bagian atas. Jangan biarkan tetesan cairan dari daging, ikan atau lainnya jatuh ke dalam hidangan matang.

8. Selain itu, jangan letakan apapun di atas cetakan batu es dalam freezer. Anda pasti tidak ingin menyajikan es sirop rasa ikan yang amis karena es batu tertetesi air dari kantong penyimpanan ikan.

9. Kulkas bukan tempat terakhir dari hidangan yang masih ingin Anda simpan. Pastikan sesekali untuk membersihkan kulkas dari hidangan yang sudah terlalu lama tersimpan.

10. Agar praktis dan aman bagi kesehatan, beri tanggal dari tiap bahan makanan atau hidangan yang disimpan agar Anda tahu umur dari bahan makanan yang Anda simpan di kulkas.

11. Sekarang banyak tersedia wadah (container) plastik dengan kualitas food grade. Wadah ini bisa menjadi pilihan yang baik karena dapat digunakan untuk jangka waktu lama karena kedap udara dan memang materialnya disesuaikan untuk menjaga kualitas makanan.

12. Untuk produk susu segar dan turunannya, batasi untuk mengkonsumsi maksimal 1 hari sebelum jatuh tanggal kadaluwarsa. Produk ini dapat rusak sebelum tanggal kadaluwarsa di antaranya karena penanganan yang kurang baik atau terjadi pemutusan aliran listrik lebih dari 2 jam.

13. Kulkas model lama memiliki proses defrost (menghilangkan bunga es), inilah waktu yang baik untuk membersihkan lemari. Idealnya 6 bulan sekali dan tidak perlu mencungkil bunga es dengan benda tajam agar lepas.

14. Jangan mengambil bunga es untuk dikonsumsi, misalnya sebagai pendingin untuk segelas sirop. Ada kemungkinan sewaktu mencair terdapat beberapa bakteri yang hidup kembali.

15. Bahan masakan seperti bawang dan kentang tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin. Cukup simpan jauh dari sinar matahari, panas atau kelembaban yang berlebihan.

16. Beras, tepung terigu dan sejenisnya dapat diletakan di lantai yang dialasi kayu agar tidak terjadi kontak langsung. Agar lebih aman dan tahan lama, idealnya beras disimpan dalam wadah plastik bertutup. Jangan berikan kesempatan kutu-kutu atau binatang pengerat menikmati beras milik Anda.

17. Untuk bumbu-bumbuan kering, bubuk, gula dan garam, gunakan wadah berbahan kaca yang tertutup. Botol bekas dari bahan hidangan dapat digunakan setelah dibilas bersih dan dikeringkan. Jangan lupa tempelkan label yang sesuai isi agar tidak perlu terjadi kesalahan yang tidak perlu.

18. Bumbu dapur juga dapat disimpan dalam kulkas dengan dibungkus kertas atau plastik untuk menjaga kelembaban sehingga sari atau aroma yang diperlukan nanti tidak menguap dan tidak kering. Simpanlah pada laci kulkas bagian bawah.


Penulis: Reinhart Poli

www.sahabatnestle.co.id


Menyimpan Bahan Hidangan dengan Baik

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menyimpan Bahan Hidangan dengan Baik
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/menyimpan-bahan-hidangan-dengan-baik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk