Obat Flu & Batuk dari Dapur

Posted by galih pamungkas Sabtu, 19 Januari 2013 0 komentar



Flu dan Batuk pasti sudah tidak asing di telinga kita ya, Clovers. Penyakit yang disebabkan virus dan rentan mampir saat keadaan cuaca tidak menentu ini, bisa menyerang siapa saja, anak-anak hingga dewasa.

Reaksi tubuh untuk melindungi paru-paru juga kadang dapat mengakibatkan batuk ringan. Untuk penanganan batuk ringan yaitu batuk kecil yang muncul sesekali sebagai reaksi tubuh mengeluarkan debu, makanan atau minuman yang menyelinap ke paru-paru, cukup diatasi dengan banyak minum air putih untuk membersihkan tenggorokan.

Biasanya gejala-gejala yang menandai flu adalah bersin, radang tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat, batuk, badan lesu, sedikit demam, sakit kepala dan nyeri sendi. Saat tubuh terserang flu kita tidak boleh menganggapnya remeh juga tidak perlu panik dan berlebihan, karena sebenarnya obat-obat flu dapat kita temukan di dapur. Apa saja?

Jeruk nipis, Madu dan Kecap
Beberapa orang sudah familiar dengan khasiat jeruk nipis sebagai obat batuk. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan mengandung senyawa Flavonoid yang bersifat antioksidan kuat dan dapat mengusir virus flu. Madu dan kecap memiliki sifat antiseptik dan ekspektoran yang bisa mengencerkan dan mengeluarkan dahak.
Caranya : peras satu jeruk nipis atau lemon campurkan 1 sendok teh madu atau satu sendok teh kecap (pilih salah satu).

Jamur Shitake
Jamur berwarna cokelat kehitaman ini juga berfungsi untuk meredakan flu dan batuk. Karena dalam jamur shitake mengandung polisakarida lentinan yang mampu membantu mengatasi selesma (radang selaput lendir). Juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengusir flu, batuk dan gejala-gejalanya.
Caranya : Olah jamur shitake dalam masakan, misalnya dibuat sayur atau ditumis.

Sup Ayam Panas
Protein pada sup ayam panas mengandung sistein yang berfungsi juga mengencerkan dahak. Sehingga lebih mudah dikeluarkan dan membuat saluran pernapasan lebih lega. Ada baiknya menambahkan wortel dan buncis dalam sup ayam, kedua sayuran tersebut mengandung vitamin A yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.
Caranya : Buatlah sup ayam, nikmati saat masih panas.

Jahe
Jahe mengandung minyak asiri (minyak menguap) yang dapat menimbulkan aroma wangi khas, memperlancar metabolisme tubuh, menimbulkan rasa hangat dan melegakan. Sehingga salah satu khasiat jahe sebagai obat batuk, masuk angin, dan radang tenggorokan.
Caranya : parut 1 rimpang jahe, rebus dengan 1 gelas air, kurang lebih 20 menit. Kemudian saring, bisa juga menambahkan gula aren atau gula pasir sesuai selera. Pilihlah jahe yang merah karena lebih banyak menganduk minyak asiri.

Kencur
Kandungan sineol, asam sinamik, etil-sinamat, alkaloid, kamfene, borneol, alfa-terpineol yang dapat berfungsi mengatasi masuk angin, flu dan batuk dan sakit kepala. Kencur juga mengandung minyak astiri yang berfungsi mengencerkan dahak.
Caranya : cuci bersih kurang-lebih 5 gram kencur, parut dan tambahkan 2 sendok makan air matang, aduk merata. Saring dan tambahkan 1 sendok makan madu. obat tradisional ini juga aman dikonsumsi untuk anak-anak. minumkan 2-3 kali sehari.

Walaupun obat flu dan batuk ternyata bisa kita buat sendiri tetapi ada baiknya kita juga menjaga pola hidup sehat agar ketahanan tubuh tetap terjaga dan virus-virus tidak mudah mampir. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan Clovers...?


Semoga bermanfaat,
Resepkita


Obat Flu & Batuk dari Dapur

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Obat Flu & Batuk dari Dapur
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/obat-flu-batuk-dari-dapur.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk