Putih Telur Jangan Dibuang!



Hobi membuat cake atau kue biasanya akan menyisakan banyak sisa putih telur yang sayang jika dibuang tapi bingung juga mau diapakan putih telur tersebut. Clovers pernah mengalaminya? Jangan buru-buru berpikiran kalau putih telur sisa sudah tidak berfungsi lagi dan langsung ingin membuangnya. Sebenarnya kita bisa berkreasi di dapur dengan putih telur tersebut lho!

Ternyata ada beberapa varian cake, kue kering, puding, hingga masakan yang bisa dibuat dengan menggunakan putih telur.

- Sponge cake : membuat sponge cake menggunakan putih telur akan memberikan tekstur yang lebih kenyal dan rapat dibandingkan dengan sponge cake yang dibuat dari telur utuh. Namun biasanya jika menggunakan putih telur dalam membuat sponge cake akan menimbulkan aroma yang lebih amis. Cara mengatasinya dengan memberikan rhum, kulit jeruk atau rempah-rempah ke dalam adonan. Untuk kekenyalan sponge cake putih telur dapat disiasati dengan emulsifier sehingga cake bisa mengembang. Trik ini biasa digunakan pedagang cake murah untuk menekan biaya produksi.

- Brownies : Brownies kukus maupun panggang juga bisa dibuat dengan adonan putih telur. Rasa amis akan hilang dengan penggunaan cokelat yang lebih banyak dan pekat.

- Chiffon cake : Chiffon cake dengan putih telur rasanya akan tetap sama dengan chiffon cake dengan telur utuh. Kreasikan dengan cita rasa durian, cokelat, pisang pandan, tape ataupun moka.

- Kue kering : Salah satu kue kering yang populer dan olahannya menggunakan putih telur adalah lidah kucing. Putih telur membuat kue kering lebih renyah.

- Puding : Puding bisa disukai karena teksturnya yang super lembut, dan ternyata kelembutan itu berasal dari kocokan putih telur yang dipadukan dengan adonan agar-agar. Selain puding busa, puding buah pun akan terasa lebih lembut dengan sentuhan putih telur.

- Masakan : Bekukan putih telur dengan cara mengukusnya dalam kukusan dengan api kecil. Putih telur yang sudah dibekukan dapat dikreasikan dalam berbagai macam masakan. Misalnya campuran pada tumisan, pepes ataupun sup.


Tips Mengocok dan Mengolah Putih Telur

- Usahakan agar putih telur tidak tercampur dengan tetesan minyak ataupun air. Wadah yang digunakan juga harus kering dari minyak atau air.

- Jika menggunakan gula, jangan kocok putih telur langsung dengan gula pasir. Kocok dulu putih telur dengan garam atau cream of tar-tar hingga setengah mengembang.

- Tanda mengetahui putih telur sudah mengembang dengan cara mencolek kocokan. Jika bentuk colekan sudah melengkung ke ujung berarti sudah pas, jika lurus berarti pengocokan terlalu kaku. Putih telur yang kaku jika diaduk bersama bahan lain akan menggumpal.

- Untuk masakan putih telur cukup dikocok dengan garpu.


Nah, ternyata sisa putih telur masih bisa dimanfaatkan untuk aneka ragam hidangan. Yuk, kita berkreasi dengan putih telur, Clovers.

Semoga bermanfaat
Resepkita


Putih Telur Jangan Dibuang!

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Novel Karangan Wildan Yatim berjudul Pergolakan

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain