Rahasia Cuka!!



Cuka, Clovers pasti tahu dong bahan dapur yang satu ini? Ya, cuka dapur atau cuka masak, ternyata menyimpan banyak manfaat rahasia selain sebagai pelengkap dalam masakan. Sudah tahukah Clover rahasia-rahasia cuka yang tersembunyi? RK akan berbagi beberapa maanfaat rahasia cuka dalam artikel kali ini. Yuk, disimak...!


1. Menghapus Noda pada Karpet : Karpet yang biasanya mudah terkena noda, baik noda minuman, makanan dan sebagainya bisa disiasati dengan cuka.

Caranya Clovers buat campuran 2 sdm garam, larutkan dalam ½ cangkir cuka dan gosoklah pada karpet yang terkena noda, setelah mengering gunakan vacuum cleaner.

2. Pembersih Kulkas : Mungkin sebagian Clovers mempunyai cara sendiri untuk membersihkan lemari es atau kulkas. Tahukah Clovers kalau cuka juga bisa membersihkan interior, eksterior kulkas, sekat pintu kulkas, mencegah jamur pada kulkas.

Caranya teteskan cuka pada kain lap dan gunakan untuk membersihkan kulkas, lalu letakkan sekotak soda kue untuk menyerap bau setelah kulkas dibersihkan.

3. Pembersih Kamar Mandi : Biasanya Clovers menggunakan pembersih kamar mandi yang siap pakai, namun ternyata Clovers bisa loh membuat pembersih kamar mandi yang lebih hebat dengan cuka. Selain menghemat biaya, menghemat sampah sabun, cairan pembersih kamar mandi buatan sendiri ini dapat digunakan pada semua permukaan kamar mandi dan sangat aman.

Caranya, campur 1 cangkir soda kue, ½ cangkir sabun cair dalam mangkuk, tambahkan ½ cangkir air untuk mengencerkan dan tambahkan 2 sendok teh cuka putih. Aduk campuran tersebut sampai tidak menggumpal, tuang ke botol semprot dan kocok sebelum digunakan. Cara menggunakannya cukup kocok dan semprotkan di bagian kamar mandi yang ingin dibersihkan, gosok dengan spon dan bilas dengan air.

4. Menghilangkan Jamur di Pakaian : Kadang pakaian basah, lembab atau bekas keringat yang dibiarkan tidak langsung dicuci akan menimbulkan bintik-bintik hitam, jamur kain, dan kalau dicuci dengan cara biasa akan tetap tampak. Cara menanganinya Clovers bisa menggunakan cuka.

Caranya larutkan air dan cuka, gunakan campuran tersebut untuk merendam pakaian selama kurang lebih 30 menit, seperti menggunakan pemutih pakaian. Lalu cuci dengan sabun/detergen, gunakan air panas yang dicampur air jeruk nipis. Lakukan beberap kali hingga jamur benar-benar hilang. Tips agar jamur tidak balik lagi, jangan diamkan pakaian dalam keadaan basah, lebih baik jemur dahulu jika pakaian akan disimpan dan masih akan digunakan lagi, atau langsung cuci pakaian setelah tidak digunakan dalam waktu yang relatif lama.

5. Membersihkan Endapan Kapur di Ceret Air : ceret air kadang terjadi endapan kapur, dan sulit dibersihkan. Clovers bisa menggunakan cuka untuk menyingkirkan endapan kapur pada ceret.

Caranya rebus cuka (tanpa air) dalam ceret selama beberapa menit, dinginkan, dan cuci/bilas dengan air seperti biasa. Endapan kapur akan lebih mudah dibersihkan.


Nah, Clovers berikut tips seputar kegunaan cuka, semoga bermanfaat.


Rahasia Cuka!!

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Gambar Cartun Animasi