Serba Serbi Tahun Baru



Tahun Baru sudah di depan mata, sebentar lagi pergantian tahun dari 2011 menuju 2012. Tahukah Clovers kapan pertama kali dunia merayakan Tahun Baru? Tahun baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM. Karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian (adalah kalender yang sekarang paling banyak dipakai di dunia barat) Indonesia pun merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari, seperti kebanyakan negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, perayaan tahun baru sering kali diperingati dengan meriah, taburan kembang api, riuh suara terompet dan klakson kendaraan. Semua suka cita menyambut tahun baru, berharap dengan banyak pula selipan harapan dan target di tahun yang baru ini.

Tak sedikit yang membuat agenda dan jadwal khusus menuju pergantian tahun, misalnya liburan bersama keluarga ke tempat-tempat spesial yang dianggap menarik. Namun keamanan tetap harus diperhatikan. Untuk liburan tahun baru ada baiknya kita menyusun jadwal dengan baik. Pertama tentukan tempat liburan yang bisa dinikmati semua keluarga, agar tak terkecuali semua keluarga bisa menikmati acara liburan dengan menyenangkan. Kedua, saat di tempat wisata atau keramaian jangan tinggalkan anak sendirian, meski merasa anak sudah cukup besar dan mandiri. Hal-hal tidak diinginkan bisa saja terjadi, dan memperburuk acara liburan yang sudah disusun. Selanjutnya siapkan barang-barang yang diperlukan selama berpergian tak terkecuali obat-obatan yang kiranya akan dibutuhkan darurat. Misalnya obat sakit kepala, obat luka, minyak kayu putih dan sebagainya.

Perayaan tahun baru menjadi salah satu acara yang dinantikan sepanjang tahun, namun tidak semua orang punya kesempatan berlibur dan berpergian jauh untuk merayakan tahun baru. Mungkin salah satu dari Clovers lebih suka perayaan tahun baru di sekitar kota tempat tinggal atau di rumah memasang kembang api bersama orang terdekat?

Pusat Kota bisa menjadi salah satu pilihan sederhana menyambut pergantian tahun. Pertama, yang perlu diperhatikan saat memilih pusat kota adalah kemacetan, maka dari itu sebisa mungkin hindari bawa mobil prbadi kecuali bersedia agak repot mencari tempat parkir yang dekat pusat keramaian. Kedua, bawalah barang seperlunya, dan jaga sebaik mungkin barang bawaan karena ditengah keramaian akan rawan kejahatan atau pencopetan. Ketiga, berangkatlah beberapa jam sebelum pergantian tahun baru untuk bisa menghindari kemacetan. Keempat, siapkan baju hangat atau jaket, karena tahun baru bertepatan dengan musim dingin (musim hujan, di Indonesia).
Perayaan tahun baru di rumah pun takkan kalah mengasyikkan. Misalnya dengan mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah bersama sahabat dan kerabat dekat lainnya. Sediakan makanan kecil, bisa buatkan makanan favorite keluarga untuk disantap bersama sambil menyambut pergantian tahun. Atau yang paling populer adalah barbeque party, acara nonton bersama atau acara lainnya yang diminati bersama dan bisa dilakukan di rumah. Sambil melakukan pesta kembang api kecil-kecilan di rumah dan diramaikan dengan tiupan terompet malam tahun baru. Meski sederhana akan tetap terasa kehangatannya loh Clovers.

Jadi, Clovers bisa merayakan tahun baru dengan meriah di mana saja. Tak perlu keluar budget banyak, repot susun acara, meski sederhana asal meriah dan bersama-sama. Pasti seru!
Selamat menyambut tahun baru 2012 ya Clovers! ^_^

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_baru
http://www.tribunnews.com/


Serba Serbi Tahun Baru

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Ringkasan Novel Karangan Wildan Yatim berjudul Pergolakan