Teknik Membimbing Pembantu Baru



Ada saat di mana kita harus mencari pembantu baru untuk meringankan urusan dapur dan rumah. Namun tidak semua pembantu baru sudah mahir dalam serba-serbi dapur, bisa saja pembantu baru tersebut sama sekali buta dengan dunia masak-memasak. Lalu apa saja yang perlu kita ajarkan padanya?

1.KEBERSIHAN
Kebersihan adalah poin yang utama dalam membenahi dapur dan rumah. Karena kualitas masakan bukan hanya dari rasa enak masakan namun juga kebersihan dari mulai bahan makanan, cara mengolah hingga makanan siap disantap.
Kebersihan yang perlu diajarkan meliputi :
- Kebersihan diri : Ajarkan pembantu untuk mandi pagi sebelum mulai bekerja, cuci tangan sebelum menyentuh bahan makanan, mengikat rambut atau menggunakan menutup kepala saat memasak.
- Kebersihan bahan makanan : Ajari untuk mencuci dulu bahan masakan sebelum dikupas, mencuci dengan air mengalir sampai bersih. Pastikan untuk membersihkan sayuran, buah, agar terbebas dari kotoran, ulat dan busuk. Jangan merendam ayam, ikan dan udang dalam air karena akan menurunkan kualitas daging, cuci dengan air mengalir.

2.PROSES MEMASAK
Masalah yang biasanya dialami pada pembantu baru adalah belum mengenal selera makanan kita, maka sangat penting untuk mengajarinya proses memasak dengan benar.
- Menumis : Ajari proses menumis yang benar agar dia dapat menyajikan masakan yang pas. Menumis harus menggunakan sedikit minyak. Menggunakan minyak yang banyak akan membuat hasil masakan kurang enak. Masakan yang ditumis harus matang benar. Tidak boleh ditambahkan air sebelum matang ditumis.
- Merebus : Ajarkan kapan makanan harus direbus dalam air mendidih dan kapan harus direbus dalam air dingin. Berapa banyak air yang perlu ditambahkan? Dalam merebus daging misalnya, tidak memerlukan air yang terlalu banyak agar rasa kaldunya keluar. Kapan panci harus ditutup dan kapan panci harus dibuka saat perebusan.
- Menggoreng : Ajarkan untuk menggunakan api kecil saat menggoreng, agar makanan matang hingga bagian dalam. Dan ajarkan pula cara meniriskan masakan dari minyak dengan benar.
- Membakar/memanggang: Memanggang makanan harus tepat suhu dan lamanya, agar makanan tidak hangus dan aromanya keluar.

3.PENYIMPANAN
Cara penyimpanan yang salah dapat mengubah cita rasa makanan dan masakan. Maka dari itu ajarkan cara menyimpan bahan makanan yang matang ataupun yang mentah, bumbu-bumbu dapur dan sebagainya.

4.TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab merupakan salah satu hal yang penting namun kadang juga sulit diterapkan, karena biasanya mereka bekerja dengan niatan mencari uang bukan untuk memuaskan pelanggan. Namun hal tersebut dapat tercipta dengan cara kita membuatnya mencintai pekerjaan ini. menyiapkan pujian pada hasil kerjaannya, hal tersebut akan membuatnya tambah semangat. Atau jika pekerjaannya masih dinilai kurang memuaskan, kita dapat mengajari tanpa harus menggurui apalagi memarahinya, sehingga dia tetap merasa nyaman.

5.CARA BELAJAR
Memang tidak mudah mengajari pembantu baru, banyak hal yang mesti kita ajarkan agar dia bisa bekerja sesuai dengan yang kira harapkan. Jangan terburu-buru dalam mengajari suatu hal karena itu malah akan membuatnya tidak menyimpan hal-hal yang kita ajari dengan baik. Ajarkan pelan-pelan, satu persatu, bisa dengan cara kita memberinya peraktek, sehingga dia dapat mengingatnya dengan baik. Mungkin akan butuh waktu lebih lama, namun hal ini akan jauh lebih efektif untuk tetap menjaga kualitas dapur dan masakan kita.
Intinya adalah mengajari dan membimbingnya secara perlahan dengan cara bersahabat hingga ke detail hal yang kecil, biasanya mereka kurang memperhatikan detail-detail kecil baik dalam hal memasak, mengurus dapur atau rumah, yang justru sebenarnya penting.

Clovers, sekarang kita tidak perlu risau atau ragu untuk memperkerjakan pembantu baru karena khawatir tidak sesuai dengan selera kita, karena sebenarnya hal tersebut bisa didapat dengan cara membimbingnya.

Semoga bermanfaat,
Resepkita


Teknik Membimbing Pembantu Baru

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Gambar Cartun Animasi