Tetap sehat dan segar selama ibadah puasa

Posted by galih pamungkas Sabtu, 19 Januari 2013 0 komentar



Wach, tak terasa ya? kita sudah memasuki Bulan Ramadhan lagi.
Agar tubuh tetap fit dan fresh selama bulan puasa, resepkita punya tips-tips khusus lho!

Coba kita simak yuk!


1.Selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Tentunya ingat si 4 sehat 5 sempurna ya!

2.Perbanyak minum air putih atau air mineral pada malam hari untuk mencegah dehidrasi, karena pada siang hari, aktivitas yang kita lakukan cenderung mengeluarkan keringat baik di ruangan AC maupun ruangan terbuka.

3.Pada saat berbuka puasa awali dengan makanan atau minuman yang manis dan hangat. Contoh: Kolak, teh manis hangat, setup. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.

4.Jangan langsung minum air dingin atau es karena perut yang kosong bisa menjadi kembung bila anda langsung berbuka puasa dengan es atau air dingin, karena hal tersebut memicu terbentuknya asam lambung dalam tubuh.

5.Berikan jeda sekitar 1 jam sebelum menyantap hidangan berbuka. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan pada pencernaan kita.

6.Untuk menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat.

7.Konsumsi vitamin (suplemen) sebagai pelengkap agar tubuh tetap fresh sepanjang hari. yang sangat penting adalah Vit. A,B, C. Jika anda sudah mengkonsumsi sayuran berwarna merah, hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

8.Bagi penderita maag, sebaiknya hidari makanan seperti mie, ikan dan daging yang diawetkan, minuman bersoda, serta bumbu yang tajam (asam, cuka, cabai). Jenis makanan tersebut dapat menimbulkan gas yang memicu tingkat produksi asam lambung.

9.Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, dianjurkan untuk menghindari makanan berkolesterol. Misal lemak hewani, mentega. makanan yang manis-manis seperti sirup, coklat, es krim. Konsumsilah lebih banyak sayur dan buah. Sedangkan bagi mereka yang terlalu kurus, sebaiknya ditambah dengan susu dan hindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

10.Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa. Makanlah dalam jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.

So, gak ada alasan lagi ya, untuk berlemas-lemasan dan bermalas-malasan selama puasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa.


Tetap sehat dan segar selama ibadah puasa

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tetap sehat dan segar selama ibadah puasa
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/tetap-sehat-dan-segar-selama-ibadah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk