Tips-Tips Seputar Ketupat



Ketupat sudah menjadi tradisi khas masyarakat Nusantara ketika Hari Raya Idul Fitri, tentunya dengan berbagai kreasi sayur sesuai daerah masing-masing. Tapi membuat ketupat itu gampang-gampang susah, kadang ketupat terlalu lembek atau malah keras di sebelah bagiannya. Untuk Clovers yang masih bingung cara memasak ketupat yang benar atau bagaimana cara menyimpan ketupat agar tahan lama, ResepKita akan berbagi tips-tips seputar membuat dan menyajikan ketupat berikut ini.


Gunakan takaran yang tepat, agar tekstur ketupat pas tidak terlalu lembek atau terlalu keras.
- Cuci beras, rendam kurang lebih 30 menit, lalu tiriskan.
- Untuk beras yang pulen dengan perbandingan isi satu kulit ketupat dengan ½ beras yang sudah ditiriskan.
- Untuk beras yang agak pera gunakan perbandingan isi satu kulit ketupat dengan 1/3 beras yang sudah ditiriskan.

Proses masak harus tepat agar matangnya sempurna.
- Didihkan air untuk merebus ketupat. Pastikan seluruh bagian ketupat terendam seluruhnya, agar ketupat matang sempurna.
- Bisa tambahkan garam dalam air rebusan agar rasa ketupat lebih gurih (sesuai selera) atau tambahkan kapur sirih dalam air rebusan ketupat agar ketupat terasa lebih kenyal.
- Biasanya ketupat di masak dalam waktu 4-5 jam. Jika air rebusan habis sebelum ketupat matang benar tambahkan air mendidih secukupnya. Jika sudah tidak ada butiran berarti ketupat sudah matang benar.
- Setelah ketupat matang celup-celupkan dalam air mendidih sebentar lalu guyur dengan air dingin dan gantung ketupat agar air menetes dan tidak ada air yang mengendap dalam ketupat. Karena ketupat yang mengandung air akan lebih cepat basi.

Menyimpan ketupat agar tahan lama dan tidak mudah basi.
- Simpan ketupat dalam lemari es (bungkus plastik agar kulitnya tidak kering). Ketupat yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan 4-7 hari. Kukus ketupat (jangan direbus) untuk menghangatkan kembali ketupat sebelum disantap.
- Potong ketupat seperlunya saja, karena ketupat yang sudah dipotong akan lebih mudah basi daripada yang masih terbungkus utuh.


Nah Clovers, setelah menyimak tips-tips di atas semoga nggak bingung lagi ya cara membuat sampai menyimpan ketupat yang benar. Kalau ketupat buatan rumah super enak pastinya keluarga makin betah makan di rumah dan lebaran semakin menyenangkan.


Selamat mencoba, Clovers!

ResepKita


Tips-Tips Seputar Ketupat

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Novel Karangan Wildan Yatim berjudul Pergolakan

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain