Konsep Dasar Belajar Mengajar

PENGANTAR KONSEP DASAR BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT


1. Pengertian Bahan dan Media Pembelajaran.
2. Masalah dalam Pemilihan Bahan dan atau Media Pembelajaran.
3. Asumsi Bahan dan Media Pembelajaran.
4. Proses Pengembangan Instruksional Bahan dan Media Pembelajaran.

PENGERTIAN BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN


1. BAHAN PEBELAJARAN:
Bahan ajar/materi pembelajaran IPS yang bersumber dari buku2, majalah2, modul2 IPS, & lain2nya yang relevan berdasar GBPP/ Kurikulum yang dikembangkan/ dikemas sbg bahan pembelajaran

2. MEDIA PEMBELAJARAN:
Alat2 bantu pembelajaran & atau komponen2 yang membentuk teknologi istruksional dalam pembelajaran, seperti: alat2 peraga, televisi, film, proyektor, transparansi, OHP, komputer, slide, bentuk-bentuk perangkat keras, perangkat lunak, dan lain2nya. Media itu didalamnya mengandung bahan dan atau materi yang lebih banyak dari yang perlu kita ketahui.

Masalah dalam Pemilihan Bahan dan Media Pembelajaran


1. Kemasan/cakupan bahan dan atau media pembelajaran yang sesuai tujuan Instruksional.
2. Media apa yang praktis untuk mengemas / memaketkan (modul), melaksanakan dan memperbaharui pembelajaran.
3. Tersedianya fasilitas sarana/ prasarana media pembelajaran.
4. Kesesuaian media dengan kebutuhan belajar siswa ditinjau dari sisi/segi kebudayaan, usia, kebiasaan belajar, dan lain2nya.
5. Sejauh manakah pencapaian siswa harus sesuai dengan sasaran yang telah ditentukan.
6. Terdapatnya perubahan sikap dan atau prilaku terhadap siswa (nilai moralitas yang diharapkan).
7. Menentukan biaya yang sepadan untuk menyiapkan bahan dan atau media pembelajaran.
8. Perkembangan Teknologi.

Asumsi Bahan dan Media Pembelajaran


1. Pemilihan bahan dan atau media pembelajaran merupakan bagian integral dari kesuluruhan proses pengembangan pelajaran.
2. Proses pemilihan bahan dan media pembelajaran yang efesien, efektif, isi, dan tujuan pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik media tertentu dan relevan instruksional.
3. Proses pemilihan bahan dan atau media pembelajaran dilakukan sesuai prosedur kepentingan dan tujuan pembelajaran.
4. Proses pemilihan bahan dan atau media pembelajaran disesuaikan dengan fasilitas sarana dan prasarana media pembelajaran yang tersedia.
5. Proses pemilihan bahan dan media pembelajan disesuaikan dengan biaya yang tersedia dan atau kemampuan yang dimiliki.

Proses Pengembangan Instruksional Bahan dan Media Pembelajaran

1. Analisis tugas pembelajrn
2. Menyiapkan Tujuan Instruksional
3. Memperbaiki dan menyusun tujuan, memilih media, mendesain/merancang dan menyiapkan bahan-bahan.
4. Menguji bahan pelajaran dan mengadakan perbaikan dan atau penyempurnaan seperlunya pada isi bahan pelajaran dan media pembelajaran.
5. Menyajikan/uji hasil perancangan media pembelajaran.
6. Evaluasi hasil
7. Penerapan/penggunaan media pembelajaran (Applikasi).


Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Gambar Cartun Animasi