Awas! 5 Hal Pemicu Diabetes



Zaman dahulu, banyak orang berpendapat bahwa diabetes merupakan penyakit keturunan. Tapi, sekarang diabetes bisa menyerang siapapun. Diabetes merupakan awal dari datangnya penyakit lain ke tubuh. Tahukah Clovers apa saja yang dapat memicu datangnya penyakit diabetes?

1. Makanan berkarbohidrat tinggi
Karbohidrat berasal dari makanan pokok kita sehari – hari, yaitu nasi. Karbohidrat yang berlebih akan disimpan tubuh dalam bentuk gula yang selanjutnya akan diubah menjadi energi. Tetapi tubuh juga punya batas untuk mengubah gula menjadi energi. Gula yang tidak terpakai akan menumpuk dan menjadi pemicu diabetes.

2. Kurang Olahraga
Gaya hidup yang serba instan membuat orang kurang memperhatikan olahraga sebagai sebuah kebutuhan penting. Padahal olahraga mampu membuat tubuh lebih sehat, juga menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Karena kurang olahraga, maka aktivitas pembakaran gula dalam tubuh menurun sehingga gula akan tersimpan dalam tubuh dan mengakibatkan naiknya kadar gula yang memicu diabetes.

3. Rokok
Rokok mengandung zat yang dapat menghambat produksi insulin. Kondisi ini mengakibatkan kadar gula darah tidak dapat diubah menjadi energi yang digunakan oleh tubuh. Gula darah yang tidak terpakai akan tertimbun dan memicu diabetes.

4. Stress
Saat stress, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol yang meningkatkan gula darah dan memberikan cadangan energi pada tubuh. Hal ini memang baik, tapi jika berkelanjutan bisa menimbulkan efek samping yaitu kadar gula darah akan melonjak dan menyebabkan diabetes.

5. Soda dan minuman manis.
Kadar gula yang tinggi dalam soda dan minuman manis lainnya mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah (glukosa). Glukosa yang tidak berhasil diubah menjadi energi akan tertimbun di tubuh, kemudian menjadi pemicu diabetes.

Sekarang, Clovers sudah tahu kan? Apa saja pemicu utama penyakit diabetes? Yuk, kita waspada dan benahi pola hidup kita agar lebih sehat.

Semoga bermanfaat

ResepKita


Awas! 5 Hal Pemicu Diabetes

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gambar Cartun Animasi

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain