Festival Kuliner Nusantara - Ina Culinary 2012

Posted by galih pamungkas Minggu, 27 Januari 2013 0 komentar



Beragamnya warisan kuliner Indonesia menginspirasi Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif R.I untuk menyelenggarakan festival kuliner Nusantara Ina Culinary yang berlangsung pada 19-21 Oktober 2012, di Parkir Timur Senayan. Di sana pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan hidangan-hidangan khas Indonesia dari berbagai provinsi, tetapi sekaligus menikmati pameran dan lomba-lomba menarik seputar kuliner.

Pertunjukan Siteran yaitu tembang Jawa klasik, yang mengalun merdu di depan stan Agustina Sakti menambah meriahnya acara Ina Culinary. Ibu Megawati Soekarno Putri pun sempat berlesehan dan menikmati hidangan di stan tersebut. Stan ini menyajikan berbagai makanan khas Solo, mulai dari Sego Liwet, Nasi Gudeg, Sambal Tumpang, Bubur Lemu dan masih banyak lagi. Stan yang dihias cantik dengan perpaduan dekorasi lesehan Jawa dan nuansa warna merah ini meraih juara kedua Stan Terbaik pada Festival Ina Culinary. Sedangkan, juara pertama diraih oleh Pangan Selaras dan juara ketiga diraih oleh Resti Catering.

Pada barisan stan yang khusus menjajakan aneka jenis bakso yaitu D’Bakso, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan bakso yang menggugah selera dengan beragam cita rasa yang siap menggoyang lidah. Di antara sekian banyak stan bakso berjajar di sana, Bakso Pentul Iga adalah salah satu yang menarik perhatian. Dikreasikan oleh Ibu Dian dengan menancapkan pentul yang terbuat dari iga kambing pada bakso tersebut. Bakso yang terbuat dari daging sapi asli, disajikan dengan potongan daging Iga rebus empuk dan beberapa potongan kecil daging iga goreng yang kenyal. Serta perasan jeruk nipis sebagai pengganti cuka membuat rasa kuah, aroma bakso lebih segar dan mantap.

Pada barisan stan yang khusus menjajakan aneka soto dari berbagai daerah yang menarik adalah varian Soto Bakar kreasi dari Ibu Hj. Sudaryanto, pemilik Kangka’s Catering. Beliau mengaku bahwa usaha keteringnya sudah berlangsung sejak tahun 1970-an, merupakan usaha warisan dari almarhum suaminya. Soto bakar Kangka’s Catering ini terinspirasi dari Soto Betawi, yang membuatnya spesial adalah potongan daging bakar, perkedel, serta citarasa kuah soto yang bumbunya pas di lidah. Bisa dinikmati dengan lontong maupun nasi. Selain soto bakar, Kangka’s Catering juga menjajakan jajanan khas betawi seperti kue kancing, biskuit bola-bola cokelat, dan bir pletok. Selain stan yang unik Ibu Hj. Sudaryanto juga menyabet juara satu pada Lomba Bakul Sego Ina Culinary.

Tidak hanya itu, Festival Dapur Si Kecil pun ikut memeriahkan Ina Culinary dengan Lomba Koki Cilik yang dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2012. Para koki cilik berkompetisi membuat hidangan menarik, dengan bahan utama yang disediakan panitia, yaitu mie. Aufar, salah satu peserta Koki Cilik yang berencana membuat mie goreng spesial ini sempat mengaku deg-degan mengikuti perlombaan tersebut. Namun Aufar yang bercita-cita menjadi koki ini tetap yakin dapat menyajikan hidangan lezat. Pemenang lomba koki cilik untuk juara pertama diraih oleh Kartika dengan hidangan Sushi Mie yang langsung membuat dewan juri jatuh cinta dengan keunikan rasa dan tata cara penyajian yang rapi dan menarik. Juara kedua diraih oleh Kanadia Alea dan juara ketiga diraih oleh Presius Sonding.

Acara ditutup dengan Closing Ceremony dengan beberapa kata sambutan, diantaranya dari Ibu R.A. Hj. Ning Sudjito, ST.M.Si selaku Ketua Umum APJI (Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia), Dra. Hj. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA selaku Ketua Umum Badan Promosi Pariwisata. Pada Closing ceremony juga diumuman pemenang dan pemberian hadian untuk berbagai lomba yang diselenggarakan selama festival Ina Culinary 2012.

Festival dan pameran masakan Nusantara ini sangat menginspirasi sebagai sarana pelestarian warisan kuliner Nusantara. Semoga setelah ini akan ada acara serupa guna melestarikan kebudayaan Nusantara.

Salam Kuliner,
Resepkita


Festival Kuliner Nusantara - Ina Culinary 2012

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Festival Kuliner Nusantara - Ina Culinary 2012
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/festival-kuliner-nusantara-ina-culinary.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk