Lebih Kenal dengan Teh dan Khasiatnya



Teh merupakan tanaman yang cukup mudah ditemui di daratan Indonesia khususnya daerah jawa barat, jawa tengah dan sumatera utara. Bahkan sebagian orang ada yang menjadikan minuman teh pilihan wajib sehari-hari baik dalam menemani saat santai, kumpul atau pagi hari.

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilim dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Ekstrak teh dapat mengecilkan pori-pori, menyamarkan flek, mengatasi jerawat, dan menutrisi kulit. Kandungan tanin dalam teh juga baik untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari. Polyphenol dalam teh mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi senyawa penyebab napas tak sedap atau bau mulut. Teh dapat membakar 4% kalori lebih banyak, menghambat penyerapan vitamin B1, mengurangi metabolisme gula darah dan akan berpengaruh pada pengurangan berat badan. Vitamin C dalam teh berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan tubuh. Sedangkan kandungan vitamin A berfungsi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas bisa menjadi salah satu pemicu penyakit jantung, konsumsi teh dapat menghindarkan resiko penyakit jantung.

Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh. Teh pun memiliki macam-macam teh dan khasiat khususnya:


1. Teh Hijau:
Teh hijau merupakan teh yang paling baik dikonsumsi, kaya vitamin A, C, dan E. Teh hijau dipercaya untuk mencegah kanker, penyakit liver, dan mengatasi panas dalam. Teh hijau sebaiknya juga tidak diseduh dalam teko yang berasal dari tanah liat. Sifat tanah liat yang mampu menyimpan panas akan membuat daun teh terlalu matang dan akhirnya rusak.

2. Teh Putih:
Teh ini beraroma bunga dan berwarna kuning muda. Manfaat teh putih adalah untuk membantu metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah dan menunda proses penuaan dini. Cara pembuatannya dengan menggunakan air pada suhu maksimal 85 derajat celsius agar khasiat teh putih tidak rusak.

3. Teh Merah:
Memiliki aroma dan rasa yang kuat. Manfaat teh merah adalah dapat untuk menghilangkan lemak dan membantu kerja pencernaan. Supaya khasiat teh merah tidak rusak, seduh dengan air kurang lebih 90 derajat celsius.

4. Teh Hitam:
Dikenal dengan sebutan teh tua atau teh yang sengaja disimpan bertahun-tahun. Manfaaat teh hitam adalah untuk menghilangkan lemak dan kolesterol. Teh merah berasal dari yunan (China). Agar khasiat the hitam tidak rusak, seduh dengan air 100 derajat celsius.

5. Teh Bunga:
Teh bunga diproses dengan cara pengasapan dan penambahan bunga-bunga alami (misal: melati). Manfaat teh bunga adalah dapat untuk membantu metabolisme tubuh dan menghilangkan stres. Agar khasiat teh bunga tidak rusak, seduh dengan air dibawah suhu 80 derajat celsius.


Hal yang perlu di perhatikan ketika minum teh antara lain :

1. Jangan minum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dapat dinetralisir oleh zat stimulan teh.

2. Ketika perut kosong sebaiknya tidak minum teh karena akan meningkatkan produksi asam lambung.

3. Kebiasaan minum teh bergula sebaiknya dihentikan karena akan mengurangi khasiat teh tersebut.

4. Kandungan zat yang ada dalam teh mudah teroksidasi sehingga akan berdampak kurang baik jika terlalu lama dibiarkan.

5. Kandungan kafein dan zat stimulan dalam teh bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga minum teh bagi wanita hamil sangat tidak dianjurkan.
Demikian pula untuk wanita menyusui, zat-zat diatas akan mengganggu kelenjar penghasil susu ibu sehingga akan mengganggu produksi ASI.


Dari info di atas kita pun mengenal lebih dengan teh. Jadi selain menikmati teh kita pun tahu macam-macam teh beserta khasiatnya, sampai hal yang perlu diperhatikan ketika meminum teh. Semoga bermanfaat ya Clovers!


Referensi : http://infowanitakarir.blogspot.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Teh


Lebih Kenal dengan Teh dan Khasiatnya

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Ringkasan Novel Karangan Wildan Yatim berjudul Pergolakan