Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Posted by galih pamungkas Sabtu, 26 Januari 2013 0 komentar



Saat masa kehamilan seorang wanita akan membutuhkan perhatian lebih baik dalam kesehatan, pola makan, dan pilihan makanan-makanan yang akan dikonsumsinya. Masa hamil akan terasa istimewa sekaligus merepotkan, apa lagi saat bulan-bulan muda kehamilan. Mual akan mendera di samping itu pola makan dan gizi harus tetap diperhatikan. Makan sembarangan akan berpengaruh juga pada si bayi dalam kandungan. Tentunya yang diharapkan adalah anak lahir dengan sehat dan Ibu tetap sehat. Jadi makanan apa saja yang cocok semasa kehamilan?

Berikut tips makanan sehat Ibu hamil yang dikutip dari beberapa sumber:
1. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan seperti lentil, chickpeas, kacang hijau, kacang merah, kedelai hingga kacang tanah menjadi sumber serat , protein, zat besi, folate, kalsium, dan juga zinc. Mineral-mineral tersebut amat diperlukan untuk tumbuh kembang janin di trimester pertama. Makanan berserat ini akan mencegah munculnya sembelit (susah buang air besar) keluhan umum yang diderita ibu hamil selama kehamilan.Karena itu untuk mencegah terjadinya sembelit banyaklah mengkonsumsi makanan berserat.

2. Daging
Ibu hamil wajib menyelingi menu makan Anda dengan daging. Daging menjadi suber protein hewani, sumber vitamin B12, B6, dan niacin. Selain itu, daging juga mengandung colin yang baik untuk membantu perkembangan otak dan fungsi kognitif janin.

3. Barries, Paprika, Jeruk.
Paprika, strawbery dan jeruk sumber makanan ini akan membantu pertumbuhan plasenta dan mencegah terjadinya infeksi. Berries (strawberry, blueberry,raspberry ) mengandung vitamin C, potassium, folate, serat, dan juga antioksidan yang tinggi. Phytonutrien yang terdapat di dalam buah berries bermanfaat untuk menjaga sel tubuh si ibu dan calon buah hati dari kerusakan.

4. Brokoli
Brokoli mengandung folate, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid yang baik untuk membantu perkembangan penglihatan. Potassium juga membantu tekanan darah Ibu hamil dalam kondisi normal. Sajikan brokoli sebagai syuran pendamping atau sebagai camilan dengan cara ditumis dengan olive oil.

5. Yoghurt
Jika Anda alergi atau mual minum susu ketika hamil, cobalah menggantinya dengan yoghurt. Karena yoghurt mengandung protein, kalsium, vitamin B dan juga zinc. Kalsium dalam yoghurt cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Apabila Anda kurang suka dengan yoghurt tawar, Anda bisa menambahkan potongan buah pisang, berries, kurma, ataupun buah kering. Campuran buah dengan yoghurt juga enak untuk dibuat smoothies.

6. Buah Naga
Masyarakat China Kuno menganggap buah naga lebih dari sekadar buah dengan beragam manfaat. Buah naga baik untuk sistem peredaran darah. Dan efektif untuk mengurangi tekanan emosi dan menetralkan racun dalam darah. Buah naga mengandung 80 persen air, vitamin C, serat, kalsium, zat besi, dan fosforus yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit darah tinggi.


Sedangkan untuk daftar makanan dan minuman yang perlu diwaspadai Ibu hamil adalah:
1. Teh manis dan sirup
Hanya perlu dihindari untuk Ibu hamil yang menderita diabetes, karena akan berpengaruh kurang baik juga pada janin.

2. Kopi
Mengkonsumsi kopi lebih dari 300 mg/hari (kira-kira setara dengan 3 gelas kopi instan), dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat di bawah normal (BBLR).

3. Alkohol
Alkohol dapat menghambat pertumbuhan janin, kepala janin tidak normal, kelainan wajah, hingga kelainan sususan saraf dan otak.

4. Makanan dengan hormon tinggi
daging (sapi, ayam, dsb) bisa menyehatkan namun ibu hamil perlu lebih selektif memilih daging karena daging yang disuntik hormon dapat mempengaruhi pertumbuhan jaringan tubuh dan otak janin.

5. Makanan yang mengandung logam berat
Seafood, memang berprotein tinggi, namun hati-hati jika makanan laut tersebut berasal dari perairan yang tercemar logam berat seperti merkuri. Makanan jajanan terbuka di pinggir jalan pun harus dihindari karena dihinggapi oleh timbal yang berasal dari kendaraan bermotor.

6. Pizza dan junk food
Untuk ibu hamil yang memiliki hipertensi sebaiknya menghindari pizza dan junk food kerena jenis makan ini memiliki kadar garam tinggi. Bisa saja dikonsumsi namun tidak berlebihan dan dengan variasi sayuran yang banyak di dalamnya.

7. Makanan berpengawet dan makanan dengan zat pewarna
Makanan berpengawet dan berpewarna buatan bersifat karsinogen yang memicu kanker. Juga dapat mengakibatkan cacat janin.

Jadi, sekarang Clovers harus lebih hati-hati lagi memilah-milah makanan dan minuman, terlebih saat dalam fase hamil. Agar Ibu hamil dan janin sama-sama sehat. Semoga bermanfaat.


Referensi:
http://tipsku.info dan http://www.anneahira.com


Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk