Pameran 99 Tumpeng Non Beras Ina Culinary 2012

Posted by galih pamungkas Sabtu, 26 Januari 2013 0 komentar



Tanggal 19-21 Oktober 2012 lalu, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif R.I bersama Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) menyelenggarakan festival kuliner Ina Culinary 2012. Bertempat di Parkir Timur Senayan, dengan tagline acara “The Authentic Heritage of Indonesian Cuisines”.

Opening acara pada tanggal 19 Oktober 2012 dibuka dengan Pameran Tumpeng Non Beras luar biasa. Menampilkan sebuah tumpeng raksaksa terbuat dari getuk, 99 tumpeng mini yang terbuat dari beragam pangan khas Indonesia seperti ubi, singkong, kacang merah, dll, dan 99 jenis lauk-pauk yang menghiasi tumpeng tersebut. Opening Ina Culinary juga dihadiri oleh Ibu Megawati Soekarno Putri. Beliau sempat duduk lesehan, berbincang sambil menikmati hidangan nusantara bersama Ibu Hj. Ning Sudjito, Putri Pariwisata Indonesia dan Rieke Dyah Pitaloka.

Menurut Ibu Hj. Ning Sudjito yang merupakan Ketua Umum APJI (Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia) sekaligus penggagas pemarean 99 Tumpeng Non Beras pada festival Ina Culinary, angka 99 pada pameran tumpeng tersebut juga memiliki arti khusus. Angka 99 adalah angka sempurna di mana angka 9 jika dikalikan dengan 9 maka hasilnya adalah 81 dan jika angka 8 dijumlah dengan angka 1 maka akan kembali ke angka 9 itu sendiri. Hal tersebut juga yang menjadi inspirasi dalam pelaksanaan festival kuliner yang memiliki tujuan utama untuk mengenalkan, melestarikan serta menjaga warisan nusantara dalam dunia kuliner.

Dengan berkembangnya waktu dan masuknya budaya luar bisa berdampak pada kuliner nusantara yang dikhawatirkan bisa tersisih. Jadi festival dan pameran masakan nusantara ini sangat diharapkan bisa menjadi jembatan bagi masyarakat lokal lebih mencintai kuliner dari negeri sendiri dan sebagai media pengenalan serta menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan asing untuk lebih dekat dengan kebudayaan Indonesia.

Festival Ina Culinary diikuti oleh 130 stan yang terdiri dari berbagai jenis masakan nusantara 33 provinsi, jajanan atau oleh-oleh khas daerah, serta diramaikan dengan berbagai pameran dan perlombaan yang tak kalah seru.

Semoga acara seperti ini bisa terselenggara lagi di daerah yang berbeda, dan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan agar seluruh masyarakat bisa melestarikan sekaligus menikmati beragamnya kuliner nusantara.

Salam Kuliner,
Resepkita


Pameran 99 Tumpeng Non Beras Ina Culinary 2012

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pameran 99 Tumpeng Non Beras Ina Culinary 2012
Ditulis oleh galih pamungkas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasiterbaru201.blogspot.com/2013/01/pameran-99-tumpeng-non-beras-ina.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Apk