Rahasia Membersihkan Peralatan Dapur



Bagi Clovers yang hobi masak dapur menjadi tempat favorit untuk berkreasi dan nggak jarang pun kita diam-diam jadi kolektor perlengkapan dapur.
Menggosok dengan keras-keras peralatan dapur untuk menghilangkan kotoran membandel bukan pilihan bijak justru akan membuat peralatan dapur cepat rusak. Jadi bagaimana cara membuat perlengkapan dapur tetap bersih dan awet?

- Peralatan dapur dari plastik
Jangan gunakan sabun krim untuk perabot dapur yang terbuat dari plastik, karena akan meninggalkan mau menyengat dari sabun. Gunakan sabun cair, siram perabot dengan air hangat untuk membuat kotoran lebih mudah dibersihkan dan gunakan sabun cuci piring cair.
Untuk noda membandel pada peralatan plastik gunakan baking soda. Rendam dengan air hangat yang sudah dicampur baking soda selama 10 menit, agar kotoran membandel hilang dan cuci seperti biasa.

- Peralatan dapur dari alumunium
Gunakan panci untuk merebus beberapa lembar kulit apel, lalu cuci seperti biasa. Untuk bagian panci alumunium yang menghitam, rebus dengan air yang diberi cuka lalu cuci seperti biasa hingga bersih. Untuk bagian luar panci yang menghitam, buatlah rebusan air yang dicampur dengan krim tar-tar (2-3 sdm) lalu air rebusan gunakan untuk menggosok bagian luar panci alumunium yang menghitam, lalu cuci seperti biasa.

- Piring Melamin
Untuk piring melamin cara membersihkannya dengan menyiram air panas, dan tuangkan sedikit soda pada permukaan piring, gosok-gosok hingga noda terangkat dan bilas hingga bersih.

- Membersihkan Oven
Buatlah larutan dengan mencampurkan : 1 sendok teh baking soda, 2 sendok teh cuka atau air jeruk lemon, 1/4 sendok teh cairan pencuci piring, 2 cangkir air panas. Campurkan kesemua bahan tersebut dan masukan ke dalam botol penyemprot untuk memudahkan menggunakannya. Untuk kulit yang mudah iritasi silahkan gunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan cairan. Semprotkan cairan pada bagian oven yang terkena noda, gosok (bisa dengan menggunakan sikat gigi bekas), lalu keringkan dengan lap kering.
Untuk bagian dalam oven jika terkena tumpahan, lekas taburkan garam, dan setelah oven mendingin sikat hingga bersih.

- Cobek dan ulekan batu
Gunakan sabut kelapa untuk menggosok cobek dan ulekan yang terbuat dari batu, agar kotoran lebih mudah terangkat. Lalu simpanlah pada tempat kering agar terhindar dari jamur.

- Alat masak anti lengket
Agar lapisan lengket pada wajan anti lengket tidak terkelupas, jangan langsung mencuci atau menyiram dengan air dingin setelah wajan digunakan. Tunggu hingga suhunya dingin dan cuci wajan seperti biasa.

Setelah menyimak tips di atas semoga peralatan dapur Clovers selalu bersih, dan lebih awet. Kalau peralatan dapur bersih memasak pun pasti lebih semangat.

Semoga bermanfaat Clovers.


Rahasia Membersihkan Peralatan Dapur

#EANF#

Baca Selanjutnya Resep Cake Cokelat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Mengerti Pemikiran Orang Lain

Gambar Cartun Animasi